Total Tayangan Halaman

Senin, 08 Agustus 2011

Catatan Ramadhan 2 : Dua Hal Penting

Rasulullah SAW bersabda : " Dua hal yang tidak ada sesuatupun yang lebih utama dari keduanya yaitu Iman kepada Allah SWT dan memberikan kemanfaatan terhadap sesama muslim". 

Memberikan kemanfaatan terhadap sesama muslim bisa dilakukan dengan memberikan nasihat-nasihat yang baik yang dilandasi dengan ilmu, dalam hal ini berarti memberikan kemanfaatan melalui kata-kata (ucapan). Bisa juga dilakukan  dengan menampakkan wajah yang senang ketika berjumpa dengan sesama muslim, dalam hal ini kita memberikan kemanfaatan dengan wajah kita.  Bisa juga dengan menolong dengan harta benda kita terhadap mereka yang berada dalam kekurangan (fakir dan miskin). Pada akhirnya bisa juga kita memberikan kemanfaatan terhadap sesama muslim dengan tenaga kita.

Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa di waktu shubuhnya (waktu setelah dia bangun tidur) tidak ada niat untuk menzalimi seseorang, maka Allah akan mengampuninya, dan barangsiapa yang di waktu shubuhnya berniat untuk membantu orang-orang yang terdzalimi dan memenuhi hajat seorang muslim, maka baginya pahala seperti haji mabrur".

Balasan haji mabrur adalah Allah menjamin dengan surgaNya.

Rasulullah SAW bersabda : "Hamba yang paling dicintai Allah SWT adalah hamba yang paling banyak memberikan kemanfaatan terhadap sesamanya, dan sebaik-baik amal adalah memberikan rasa tenang dan senang terhadap orang-orang beriman dengan menghindarkan mereka dari kelaparan, menunjukkan kepada mereka rasa keakraban dan kekeluargan, melunasi hutang-hutang mereka yang tidak mampu mereka lunasi. Dan dua hal yang paling dibenci Allah SWT adalah syirik kepada Allah SWT dan memberikan kemudhoratan/kesusahan terhadap sesama muslim".

Note : Dikutip dari Kitab Nashoihul Ibad karangan Muhammad Nawawi bin Umar Al Bantani Bab 2 hal 4




Tidak ada komentar: