Total Tayangan Halaman

Senin, 22 Desember 2008

Dasar-Dasar Java : Array dan String


Tulisan sebelumnya tentang topik ini :

1. Berkenalan Dengan Java

2. Instalasi Java dan Eclipse IDE

3. Berkenalan Dengan Eclipse

4. Dasar-Dasar Java : Variable, Konstanta dan Tipe Data


Pada bagian ini kita akan membahas tentang array dan string, dua hal yang akan sering kita gunakan dalam pemrogramman Java.

Array

Array adalah suatu variabel yang menyimpan kumpulan literal dari suatu tipe data yang sama. Misalnya kita seorang pedagang toko, ingin menyimpan pendapatan tiap bulan kita dalam suatu variabel yang bertipe double. Maka ada dua belas variabel dengan tipe data double yang kita butuhkan. Misalnya deklarasi variabel tersebut adalah sebagai berikut :


double pendapatanBulan1;
double pendapatanBulan2;
double pendapatanBulan3;
.
.
.
double pendapatanBulan12;

Tentu sangat repot mendeklarasikan variabel sebanyak itu. Bisa-bisa program yang kita buat hanya berisi kumpulan deklarasi variabel.

Array membantu kita mengelompokkan variabel-variabel yang sejenis ke dalam satu variabel array. Dengan array deklarasi variabel yang cukup banyak di atas, bisa diringkas sebagai berikut :

double[] pendapatanBulanan = new double[12];
atau double pendapatanBulanan[] = new double[12];

Dua contoh deklarasi variabel array di atas sama benarnya (di sini hanya ditunjukkan perbedaan cara deklarasi saja). Angka 12 menyatakan panjang array tersebut.

Seperti variabel, array juga bisa diinisialiasi (diberi nilai awal). Berikut contoh deklarasi array yang sudah diinisialisasi :

double pendapatanBulanan[] = new double{10000, 20000, 30000, 40000, 50000, 60000, 70000,80000, 90000, 100000, 110000,120000}

Untuk memanipulasi (mengolah) nilai dari suatu array kita harus mengakses indeks elemen array tersebut. Indeks element array selalu dimulai dari indeks 0, sehingga indeks terakhir suatu array adalah selalau panjang array dikurangi satu. Contoh berikut akan memanipulasi nilai indeks pertama menjadi 15000, dan indeks ke enam menjadi 75000 :

pendapatanBulanan[0] = 15000;
pendapatanBulanan[6] = 75000;

Konsep array bukan hanya berlaku pada tipe data primitif saja, ia juga berlaku pada tipe data kelas.

String

Mengolah "kata atau kalimat" di dalam programming java bisa dilakukan dengan menggunakan tipe data primitif char[] (array dari karakter). Contoh jika kita ingin menyimpan kata "hello" bisa dilakukan dengan ekspresi berikut :

char[] charHello = new char{’h',’e',’l',’l',’o'};

Tapi semakin panjang kata atau kalimat yang kita olah, ekspresi seperti di atas sangat tidak efektif. Karena kekurangan fleksibilitas char[] ini java menyediakan suatu kelas khusus yang bernama String untuk membuat dan memanipulasi kata atau kalimat. Dengan menggunakan kelas String, ekspresi di atas bisa diganti dengan ekspresi berikut :

String strHello = "hello";

Literal dari suatu objek String selalu diapit oleh tanda kutip ("");

Kelebihan kelas String dibandingkan dengan char[] adalah kelas String lebih dinamis. Kalau kita menggunakan char[], sekali deklarasi pangjang char[] tidak pernah berubah. Sedangkan String bisa kita manipuasi sesuka kita (bisa kita kurangi atau kita tambahkan). Pada variabel charHello, panjang kata yang bisa dimanipulasi selalu 5. Manipulasi pada variabel charHello hanya terbatas pada penggantian literalnya saja (sedangkan panjangnya selalu tetep). Sedangkan variabel strHello selain kita bisa mengganti literalnya, panjangnya juga secara bersamaan berubah sesuai dengan kata atau kalimat yang akan kita manipulasi. Misalnya kita ingin mengganti literal variabel strHello menjadi "halo, Apa Kabar?", kita cukup membuat ekspresi berikut :

strHello = "halo, Apa Kabar?";

String juga bisa kita tambahkan. Misalnya kita ingin menambahkan "halo, Apa Kabar?" dengan kalimat "Apakah baik-baik saja ", maka kita bisa melakukan operasi penambahan pada strHello sebagai berikut :

strHello = strHello + " Apkah baik-baik saja?";

Lebih fleksibel bukan?

Dengan eclipse anda bisa mengetahui prilaku (method) apa saja yang dimiliki oleh objek String (dengan menambahkan titik pada akhir objek string nya).


Tidak ada komentar: