Total Tayangan Halaman

Minggu, 30 November 2008

Berkenalan Dengan Eclipse

Tulisan sebelumnya tentang topik ini :
1. Berkenalan Dengan Java
2. Instalasi Java Dan Eclipse IDE


Pada bagian ini kita akan mencoba berkenalan dengan eclipse. Untuk pertama kali, kita akan membuat ulang program Test.java pada bagian sebelumnya dengan eclipse. Jika anda mengikuti bagian dua anda telah berhasil membuat suatu environment pemrogramman java yang siap dipakai.

Klik kanan src pada package Explorer Eclipse. Pilih New - Class. Kita diminta untuk memberi nama Package (utk sementara biarkan default dengan tidak mengisi option ini), isilah Name dengan Test, kemudian tekan tombol Finish. Hasilnya adalah gambar berikut :



Untuk memperbesar editor (biar bisa satu layar penuh), Tekan dua kali file Test.java (pada editor bukan pada Package Explorer). Begitu juga untuk kembali ke ukuran asal kita juga melakukan hal yang sama (menekan dua kali file Test.java pada editor).

Berikutnya saya akan memberikan tiga jurus jitu eclipse. Pertama adalah autocomplete editor, kedua koreksi sintak, dan yang ketiga adalah pendefinisian untuk sintak-sintak yang sering digunakan dengan keyword yang lebih pendek. Dua hal yang pertama paling sering digunakan, sementara yang terakhir jarang digunakan — karena mekanisme autocomplete grammer eclipse sangat cepat.

Ok, untuk jurus pertama, di dalam body class ketiklah : main kemudian tekanlah Ctrl+Space autocomplete eclipse akan memberikan semua kemungkinan keyword sintak yang bisa kita pilih. Pilih option main method, maka kerangka method main dilengkapi oleh eclipse. Begitu juga ketika kita bekerja dengan ribuan kelas java kita hanya perlu mengetikkan kata depannya ditambah menekan Ctrl+Space, dan setelah kita pilih apa yang kita inginkan, eclipse akan melengkapi secara otomatis (melakukan import dan lain sebagainya). Ctrl+Space digunakan untuk mengakses semua properti dari suatu kelas atau objek (static variabel, instance variabel, static method, instance method — istilah ini akan dijelaskan kemudian). Anda telah mendapatkan jurus pertama.

Jurus kedua, autocorrect grammer. Tambahkan kata impl kemudian gunakan jurus pertama setelah deklarasi class (setelah kata "Test") kemudian tambahkan kata ActionL setelah kata implements, gunakan jurus pertama lagi. Hasilnya kata "Test" berwarna merah dan eclipse mengindikasikan ada error yang terjadi (ini saatnya menggunakan jurus kedua). Arahkan kursor pada kata yang bergaris merah kemudian tekanlah Ctrl+1(satu), eclipse akan memberikan pilihan-pilihan untuk membenarkan kode tersebut. Pilihlah selalu pilihan paling atas yang ditawarkan oleh eclipse. Kode errorpun akan hilang. Setiap kali ada indikasi error gunakanlah jurus kedua (Ctrl+1) untuk memperbaikinya. Memperbaiki error juga bisa dilakukan dengan menekan tanda error (tanda merah x), eclipse akan memberikan pilihan-pilihan utk memperbaikinya.

Masuk pada jurus ketiga mengakses sintak yang sering digunakan dengan membuat keyword baru yang lebih pendek. Pilih menu Window - Preferences - Java - Editor - Templetes. Misalnya kita akan menggantikan System.out.println() dengan sop, cari sysout pada Name kemudian klik Edit, gantilah sysout menjadi sop, kemudian tekan tombol OK, akan muncul dialog konfirmasi, Tekan tombol Yes. Kemudian tekan OK. Keyword baru sudah siap digunakan. Untuk mengetesnya kembali ke file Test.java, pada body method main (diapit oleh tanda { }) ketikkanlah sop kemudian gunakan jurus pertama. Sim salabim…keren bukan? Masukanlah kata seperti pada contoh program yang ditulis dengan notepad. Kemudian tekan Ctrl+s untuk menyimpan file tersebut. Di sini kelebihan eclipse juga bekerja. Ketika kita menyimpan file java file tersebut otomatis sudah dikompilasi. Dengan eclipse kita tidak perlu lagi melakukan kompilasi file-file java yang kita buat. Hanya cukup dengan menyimpannya. Dan prosesnya seperti menyimpan file biasa (sangat cepat).

Ok, selanjutnya kita menjalankan program java yang kita buat. Karena program yang kita buat berbasiskan teks (console), munculkan console eclipse dengan memilih menu Window - Show View - Console. Dari Package Explore, klik kanan file Test.java pilih Run As - Java Application. Kita akan melihat teks yang bertulisakan "INI PROGRAM JAVA PERTAMA SAYA" di console eclipse kita. Sebenarnya ada tiga cara mengeksekusi kode kita, yang pertama seperti telah saya sebutkan, yang kedua adalah dengan menglik kanan kode yang sedang aktif kemudian memilih yang sama spt pada pilihan pertama (Run As - Java Application), sedangkan yang ketiga menekan tombol hijau disamping ikon bugs (kutu).


Tidak ada komentar: