Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 November 2008

tafsir awam atas 2:120

"DAN TIDAK AKAN RIDHO ORANG-ORANG YAHUDI DAN TIDAK PULA ORANG-ORANG NASRANI SEHINGGA KAMU MENGIKUTI MILLAT MEREKA" ( Qs. 2:120)

ayat di atas sering kali menjadi sumber kesalahpahaman antara teman-teman kita yang muslim dengan teman-teman kita yang kristen dan yahudi. teman-teman muslim meyakini bahwa orang-orang kristen dan yahudi memang membenci kaum muslim. sementara dari temen-temen yang yahudi atau kristen menganggap bahwa ajaran al-quran penuh kebencian terhadap orang yahudi dan kristen.

betapa sering ayat di atas di kutip dalam forum-forum pengajian yang dilakukan oleh teman-teman muda muslim untuk menunjukkan bahwa yahudi dan kristen memang musuh utama islam. melihat tafsiran yang terlalu sederhana ini saya sering merasa jengah. saya awam dalam masalah tafsir, tapi terhadap tafsiran yang seperti ini jelas saya tidak setuju. mungkin temen-temen muda muslim yang lain juga tidak akan setuju kalau pernah sedikit belajar bahasa arab.

kata YAHUDI dan NASRANI dalam ayat di atas tertulis dalam bentuk ISIM MA’RIFAT karena di dahului oleh alif dan lam (dalam bahasa arabnya tertulis AL YAHUDI dan AL NASARA) sedangkan setiap ISIM MA’RIFAT menunjukkan kekhususan bukan keumuman. Jadi dari segi bahasa ayat tersebut harus ditafsirkan "bahwa ada sebagian (segolongan) orang yahudi dan sebagian (segolongan) orang kristen yang tidak senang terhadap orang islam sebelum orang islam itu mengikuti millat mereka". sehingga ayat tersebut tidak men-generalisir bahwa seluruh orang yahudi dan kristen membenci orang islam. kemudian dari informasi yang diberikan al-quran juga, ada perbedaan tensi ketidakridoan orang yahudi dan kristen karena untuk orang yahudi al-quran menggunakan kata LAN sedangkan untuk orang kristen al-quran menggunakan kata LA. dalam pelajaran nahwu yang pernah saya ikuti, kata LAN menunjukkan kekonsistenan (tidak ada perubahan) sedangkan LA masih memungkinkan ketidak konsistenan (masih memungkian perubahan), sehingga dari kata yang digunakan dalam alquran, kebencian dari golongan tertentu dari umat yahudi tersebut selamanya tidak ada perubahan sedangkan kebencian dari golongan tertentu dari umat kristen masih memungkinkan adanya perubahan (bisa tidak membenci umat islam). kata-kata berikut menunjukkan ke’tidak’an yang semakin konsisten : LA-LAM-LAN.

karena sekali lagi alquran menunjukkan kekhususan atas orang-orang yahudi dan kristen tersebut maka kita harus mengetahui golongan manakah yang dimaksud oleh alquran tersebut. untuk itu perlu komunikasi yang mengedepankan dialog dan saling menghargai. jangan mengedepankan kebencian dan permusuhan. Perbedaan-perbedaan yang ada pada hakikatnya diciptakan supaya kita saling kenal mengenal dan saling bekerjasama.

semoga bisa sedikit memberikan warna yang berbeda kepada teman-teman muslim, yahudi (kalo ada) dan kristen.

wallahu’alam


sabtu, 30 juli 2005

Tidak ada komentar: